Contoh Kasus Disosiatif Dalam Masyarakat (Persaingan Perusahaan SELL dan Perusahaan Pertamina)



    Untuk pertemuan kali ini kita akan bahas tentang kasus persaingan antara perusahaan Shell dan Perusahaan Pertamina. Kalian tahu tidak sobat kalau persaingan masuk kedalam proses sosial disosiatif. Apa yang dimaksud dengan disosiatif? disosiatif adalah proses sosial yang mengarah kepada perpecahan, tetapi persaingan dalam sosial disosiatif lebih merujuk kepada bersaing antara kelompok atau individu tanpa menggunakan kekerasan. Persaingan ini bertujuan untuk mengejar suatu nilai supaya lebih maju. 

    Seperti halnya kasus yang akan kita bahas ini sobat, persaingan antara perusahaan Pertamina dan perusahaan Shell. Dalam kasus ini pihak Shell mempunyai cara tersendiri agar konsumen tetap memilih layanan mereka, dengan cara Shell menjadikan tempatnya tidak hanya sebagai tempat mengisi bensin tetapi mereka juga menjadikan tempatnya sebagai tempat destinasi. Seperti menambahkan minimarket, gerai kopi, dan makanan. Perusahaan shell juga membantu usaha mikro kecil dan menengah. Selain itu, Shell juga berupaya menjaga loyalitas konsumennya melalui program Shell Go+. Melalui program tersebut, konsumen akan diberikan poin ketika membeli produk Shell. Poin tersebut nantinya dapat ditukar dengan sejumlah paket promosi. 

    Sedangkan Pertamina memiliki strategi, yang pertama melakukan promosi dan publikasi menggunakan media sosial. Memiliki aplikasi myPertamina yang memberikan informasi lokasi hingga hadiah menarik untuk pelanggan setia. Meluncurkan layanan costumer care Pertamina call center 135 untuk memberikan layanan informasi seputar produk pertamina. Pertamina terus melakukan inovasi bisnis model, jadi ketika orang ingin membeli elpiji tidak lagi harus datang ke toko fisik, melalui aplikasi myPertamina dapat membeli gas tersebut.

Tentu kasus ini masuk kedalam proses disosiatif persaingan. Shell dan Pertamina bersaing tanpa menggunakan kekerasan dan Shell dan Pertamina mencoba untuk memajukan perusahaan mereka dengan menambahkan destinasi dan membuat program.

Sumber :
Leski Rizkinaswara. (2019). Empat Langkah Pertamina Lakukan Transformasi Digital. Diakses pada 30 Oktober 2022, dari https://aptika.kominfo.go.id/2019/08/empat-langkah-pertamina-lakukan-transformasi-digital/

Yustinus Andri DP. (2022). Persaingan Bisnis BBM Mendekati Seimbang, Ini Strategi Shell. Diakses pada tanggal 24 Oktober, dari https://ekonomi.bisnis.com/read/20221015/44/1587849/persaingan-bisnis-bbm-mendekati-seimbang-ini-strategi-shell

Komentar

Postingan Populer